5 Cara Meredakan Stres Usai Lelah Bekerja

5 Cara Meredakan Stres Usai Lelah Bekerja

Hari yang panjang di tempat kerja, kesepakatan yang tidak terselesaikan, dan rapat tentang kinerja bulanan oleh bos, semuanya dapat membuat seseorang merasa stres. Bahkan sampai mengganggu waktu tidur. Kadang untuk melupakannya sementara Anda beralih menelusuri media sosial atau menonton serial web yang sedang tren itu.

Namun, ini bukan pilihan yang harus diambil. Meski merasa lega saat itu, justru memperburuk kondisi dalam jangka panjang. Psikoterapis dan Life Coach, Chandni Tugnait, memberikan beberapa cara bagaimana seseorang dapat menghilangkan stres setelah hari yang menegangkan, seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

1. Merenungkan

Setiap hari ikuti latihan meditasi dan mindfullness selama 5-10 menit. Anda dapat bermeditasi dalam keheningan; pemindaian tubuh atau ikuti meditasi terpandu. Ini menjaga fokus pada ‘saat ini’ dan karenanya sangat mengurangi stres dan kecemasan.

2. Gunakan diffusers aromatik

Alat ini meningkatkan mood dan menghilangkan stres. Aromaterapi merangsang sistem limbik otak yang mengontrol emosi dan memori.

3. Membuat jurnal

Catatlah pikiran, perasaan, ketakutan, pengalaman, dan ide Anda untuk memprosesnya dengan cara yang lebih baik. Ini sebenarnya adalah alat terapi hebat yang meningkatkan kesehatan mental karena kita tidak membiarkan hal-hal menumpuk, memberi ruang, jarak, dan bentuk pada sesuatu sambil merenungkannya. Ini membantu dalam melampiaskan, menerima, dan akhirnya menyembuhkan.

4. Latih pernapasan lubang hidung kiri

Lakukan ini selama beberapa menit setiap hari untuk menjauhkan stres dan kecemasan. Ambil saja tangan kanan Anda dan, dengan jari terentang, tutup lubang hidung kanan Anda dengan menekannya dengan lembut menggunakan ibu jari kanan Anda. Pastikan untuk menjaga sisa jari Anda tetap lurus dan mengarah ke langit; jari-jari bertindak seperti antena untuk energi “kosmik” yang mengelilingi kita semua.

Dengan napas panjang, lambat, dalam, tarik napas dengan lembut melalui lubang hidung kiri Anda. Kemudian, sama lembutnya, hembuskan napas panjang, perlahan dan penuh, lagi melalui lubang hidung kiri. Rilekskan tubuh Anda saat Anda merasakan napas yang menenangkan dan menyejukkan yang membawa kehidupan baru ke dalam tubuh Anda. Bersantai lebih dalam dengan setiap napas saat Anda menghembuskan semua ketegangan, semua stres, dan semua penyakit.

5. Jaga waktu tidur

Lakukan ini dengan tetap berpegang pada waktu yang sama untuk tidur dan bangun setiap hari. Evaluasi hal-hal yang mengganggu tidur Anda agar bisa dihindari. Hindari cahaya biru 3-4 jam sebelum Anda tidur; tidak ada TV, tidak ada ponsel atau iPad!

Nalyka HumairahTragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Posting Komentar untuk "5 Cara Meredakan Stres Usai Lelah Bekerja"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *