7 Cara Mendidik Anak agar Anak Sukses di Masa Depan

7 Cara Mendidik Anak agar Anak Sukses di Masa Depan

Kesuksesan seorang anak tergantung banyak faktor. Menurut psikolog, pola pengasuhan orang tua berperan besar untuk pencapaian itu.

Berikut 7 tips yang menurut penelitian terbukti membantu membesarkan anak yang sukses, menurut laman Times of India, Rabu, 25 Agustus 2021.

1. Memberi tanggung jawab pekerjaan rumah

Beri mereka tanggung jawab untuk membantu pekerjaan di rumah. Studi membuktikan bahwa ini membantu anak memiliki empati dan mengajarkan mereka hidup tidak tergantung pada orang lain.

2. Ajarkan bersosialisasi

Kemampuan bersosialisasi yang baik membuat anak mampu bekerja sama dengan orang lain, punya inisiatif menolong, mengerti parasaan orang lain, dan mampu memecahkan masalah sendiri dengan efektif.

3. Dorong anak punya cita-cita tinggi

Pepatah “Gantunglah cita-citamu setinggi langit” tidak ada salahnya. Untuk memiliki pencapaian yang tinggi, anak juga perlu memiliki cita-cita yang tinggi. Dorong anak untuk memiliki ekspektasi yang tinggi dan menempuh berbagai jalan positif untuk mencapainya.

4. Bersikap baik dan disiplin

Bersikap baik bukan berarti lemah. Orang tua bisa memberi batasan pada anak untuk tetap bersikap baik dan disiplin, tetap hangat dan baik.

5. Ajari mengambil risiko

Ajarkan anak mengambil risiko dengan cara yang positif untuk mencapai tujuannya tanpa takut gagal. Jangan tuntut mereka untuk selalu menang atau berhasil setiap saat.

6. Ajarkan mereka membangun hubungan baik

Hubungan orang tua dengan orang lain akan mempengaruhi anak. Anak yang besar di keluarga penuh konflik atau keluarga yang bercerai cenderung memiliki hubungan yang buruk pula dengan orang lain.

7. Ajari mengelola stres

Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Satu-satunya cara untuk berdamai dengan stres adalah belajar mengelolanya dengan baik. Ajarkan anak bagaimana cara mengelola stres dan tetap fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.

Nalyka HumairahTragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Posting Komentar untuk "7 Cara Mendidik Anak agar Anak Sukses di Masa Depan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *