Gempa Ancam Perburuk Muntahan Lava Gunung Api di La Palma

Gempa Ancam Perburuk Muntahan Lava Gunung Api di La Palma

Penduduk di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, menghadapi kemungkinkan gempa yang lebih kuat yang bisa memperparah kerusakan oleh muntahan lava dari Gunung Cumbre Vieja. Muntahan lava telah terjadi sejak gunung api itu meletus lebih dari lima minggu lalu.

Para ahli seismologi mengatakan gempa berkekuatan Magnitudo 4,6 menggetarkan pulau itu Rabu 27 Oktober 2021, atau sehari setelah mereka merekam gempa M 4,9—gempa terkuat dari ratusan yang sudah terjadi sejak Cumbre Vieja erupsi 19 September. Sejauh ini, gempa-gempa itu tergolong ringan.

“Komite ilmiah telah memperingatkan lebih dari seminggu lalu tentang prediksi gempa yang lebih kuat, karena pusat gempanya yang terakhir sudah sekitar 12 kilometer dan kekuatannya sudah mencapai 6 dalam skala Richter,” kata María José Blanco, Direktur Institut Geografi Nasional di Kepulauan Canary.

Adapun guncangan gempa M 4,9 pada Selasa dirasakan hingga sejauh 96 kilometer di tiga arah berbeda di Kepulauan Canary yang berlokasi di tengah Samudera Atlantik, sebelah barat laut Afrika. Sedang aliran batuan panas dari perut Gunung Cumbre Vieja telah menyebabkan 7.500 dari total 85.000 penduduk La Palma harus mengungsi. Lebih dari 2.000 bangunan, kebanyakan tempat tinggal, rusak diterjang aliran itu.

Secara keseluruhan, sungai lava itu telah mencakup luasan lebih dari 900 hektare. Sebagian alirannya bahkan sampai ke laut di Samudera Atlantik. Tak ada korban jiwa sejauh ini karena erupsi tersebut, dan kehidupan penduduk di bagian lain La Palma masih berjalan normal selain dampak hujan abu yang mereka alami.

Erupsi terakhir Gunung Api Cumbre Vieja terjadi pada 1971 yang berlangsung selama 24 hari. Erupsi terpanjangnya terjadi pada 1949, yakni selama 47 hari. Sedang letusan yang sekarang sudah berlangsung hingga hari ke-40 pada Kamis ini, 28 Oktober 2021, dan belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

“Kami melihat skenario terburuk erupsi 1949, ketika kawah kedua terbuka dan berdampak ke seluruh bagian selatan La Palma,” kata vulkanolog Vicente Soler. “Memang belum pasti tapi bukan tidak mungkin akan terjadi lagi,” katanya.

Nalyka HumairahTragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Posting Komentar untuk "Gempa Ancam Perburuk Muntahan Lava Gunung Api di La Palma"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *