Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Fobia pada Kata-Kata Panjang

Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Fobia pada Kata-Kata Panjang

Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap suatu objek atau situasi. Jenis fobia sangat beragam, salah satunya hippopotomonstrosesquippedaliophobia.

Melansir dari Healthline, hippopotomonstrosesquippedaliophobia adalah istilah untuk menggambarkan fobia terhadap kata-kata yang panjang. Orang dengan fobia ini mungkin menghindari membaca sehingga tidak akan menemukan kata-kata panjang yang dapat membuatnya panik.

Ketakutan terhadap kata-kata panjang dapat memicu rasa malu atau perasaan diejek ketika harus membaca atau mengucapkannya. Gejala lain fobia ini meliputi gemetaran, berkeringat, pusing, pingsan, mulut kering, sakit kepala, hingga kesulitan bernapas.

Penyebab hippopotomonstrosesquippedaliophobia tidak diketahui secara pasti. Layaknya fobia secara umum, hippopotomonstrosesquippedaliophobia mungkin saja disebabkan oleh genetik, lingkungan, perubahan aktivitas otak, hingga pengalaman negatif ketika melihat kata-kata yang panjang.

Umumnya, seseorang yang menderita hippopotomonstrosesquippedaliophobia tidak akan mencari bantuan medis. Phobia ini tidak dapat didiagnosis karena tidak diakui secara resmi oleh asosiasi medis. Meski demikian, dokter bisa memberi informasi umum terkait phobia dan merekomendasikan pengobatan.

Beberapa pengobatan paling umum untuk membantu menyembuhkan hippopotomonstrosesquippedaliophobia adalah psikoterapi, terapi perilaku kognitif (CBT), dan pemberian obat-obatan. Gejala fobia ini juga bisa dikelola dengan tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, menghindari zat yang dapat memperburuk kecemasan seperti kafein, dan menghadapi situasi yang menakutkan secara langsung.

Enam Jenis Fobia yang Aneh, Takut Bahagia hingga Ibu Mertua

Nalyka HumairahTragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Posting Komentar untuk "Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Fobia pada Kata-Kata Panjang"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *