ITS Rebut Juara Umum di Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK Tahun Ini

ITS Rebut Juara Umum di Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK Tahun Ini

Tim Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menjadi juara umum di ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XIV. Juara kedua Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Telkom University juara ketiga. Lomba yang digelar secara daring itu berlangsung 5-7 Oktober 2021.

Tim mahasiswa ITS total meraih 9 medali, terdiri dari 2 emas, 2 perak dan 5 perunggu, serta piala bergilir. Gelar juara umum tahun sebelumnya diperoleh tim Universitas Indonesia. Juara kedua tahun ini yaitu ITB, total mendapat 4 medali, yaitu 2 emas dan 2 perunggu. Sementara Telkom University di peringkat ketiga meraih total 4 medali, yaitu 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, Nizam mengatakan, pada ajang ini seluruh mahasiswa dapat mengekspresikan kreasinya. “Menunjukkan kompetensi dan kecakapannya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi,” katanya lewat keterangan tertulis, Kamis 7 Oktober 2021.

Telkom University ditunjuk menjadi penyelenggara lomba daring mahasiswa bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia pada tahun ini. Dalam proses seleksi, seluruh divisi melakukan sekali tahapan. Adapun seleksi pada dua kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber dilakukan secara daring.

Kompetisi tahunan yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu diikuti 3.164 tim dari 235 perguruan tinggi yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Hasil seleksi menciutkan jumlah peserta menjadi 230 tim dari 67 perguruan tinggi di 16 provinsi untuk masuk ke dalam babak final.

Tim mahasiswa terbagi dalam 11 divisi lomba, yaitu Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development Smart Device, Embedded System IoT, Game Development, dan ICT Business Development.

Nalyka HumairahTragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Posting Komentar untuk "ITS Rebut Juara Umum di Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK Tahun Ini"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *