Mahasiswa Fikom Universitas Islam Riau Kenalkan Peluang Dunia Digital Era 4.0

Mahasiswa Fikom Universitas Islam Riau Kenalkan Peluang Dunia Digital  Era 4.0

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (Fikom UIR) melakukan Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di panti asuhan Yayasan Lembaga Bakti Muslim Indonesia (YLBMI) yang beralamat di Jalan Amal VI, Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, pada 14 Agustus 2021.

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat Masyarakat (PKM-PM) yang dilakukan mahasisawa Fikom UIR ini merupakan upaya dalam pemerataan kualitas generasi muda untuk menghadapi perkembangan global yang semakin mutakhir tentang peluang dunia digital era 4.0.

Adapun treatment yang dilakukan yaitu, memberikan edukasi tentang teknologi informasi dan komunikasi, terutama mengenalkan mereka dengan dunia digital yang hari ini dinamis perkembangannya. Program edukasi ini juga diharapkan akan meningkatkan self esteem generasi muda dalam melakukan public speaking.

Lebih lanjut, program ini juga diharapkan mampu melahirkan generasi yang cakap mengenai literasi digital, mampu menjadi pelaku media digital seperti konten kreator, youtuber dan profesi lainnya yang akan meningkatkan taraf serta peluang mereka di dalam menghadapi trend dunia digital saat ini.

Benni Handayani, dosen pendamping tim PKM-PM mengatakan, “Dilihat dari permasalahan yang terjadi nampaknya ada ketidaksamarataan kemampuan dalam melakukan aktifitas digital pada anak-anak di yayasan dengan anak anak yang lain, ini menjadi PR kita bersama, kurangnya pemahaman mengenai teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, permasalahan eksistensialis seperti kurang percaya diri dalam melakukan aktifitas komunikasi juga menjadi faktor yang termasuk di dalamnya. Menurut Benni, hal ini dikarenakan mereka kurang mendapatkan pendidikan tersebut dan lingkungan mereka yang terbatas. “Jadi kami merasa sangat penting untuk mengedukasi mereka mengenai hal tersebut,” ujarnya.

“Melalui program PKM-PM ini kami memberikan edukasi kepada anak panti mengenai perkembangan teknologi dunia digital, dan public speaking agar mereka mampu mengkolaborasi keduanya dengan baik, bukan tidak mungkin akan lahir dari mereka orang-orang yang nantinya akan berkecimpung di media digital,” kata Muhammad Fadlan Ilmi, Ketua Tim PKM-P.

Kegiatan mahasiswa Fikom Universitas Islam Riau ini diikuti anak-anak panti asuhan YLMBI yang duduk di bangku SMP. Edukasi ini dilakukan karena perkembangan teknologi yang semakin maju juga terjadi di dunia pendidikan, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini telah merubah sistem belajar daring oleh karena itu edukasi mengenai teknologi ini dilakukan untuk memudahkan mereka dalam kegiatan belajar.

Nalyka HumairahTragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Fikom Universitas Islam Riau Kenalkan Peluang Dunia Digital Era 4.0"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *