Penyebab Sakit Tipes Begini Proses Penularannya

Penyebab Sakit Tipes Begini Proses Penularannya

Tipes adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhimurium (S. typhi). Bakteri tersebut hidup di usus dan aliran darah manusia. Dilansir dari situs medicalnewstoday.com. Proses penularan terjadi saat bakteri masuk melalui mulut dan bertahan dalam kurun waktu 1 sampai 3 minggu di usus.

Setelah itu, bakteri membuat jalan melalui dinding usus dan masuk ke aliran darah. Dari aliran darah, bakteri menyebar ke jaringan dan organ lain tubuh. Parahnya nya lagi, S. typhi dapat hidup di dalam sel inang, sehingga sulit diserang oleh sistem kekebalan tubuh.

Penularan TipesPenyakit ini dapat didiagnosis dengan mendeteksi keberadaan S. typhi melalui sampel darah, tinja, urine, ataupun sumsum tulang. Penularan tipes cukup mudah, bisa menyebar di antara individu melalui kontak langsung dengan kotoran penderita. Jadi penularannya selalu dari manusia ke manusia, tidak melalui perantara hewan.

Seperti yang dikutip dari laman mayoclinic.org, di negara berkembang, tipes juga mudah tertular saat meminum air yang terkontaminasi bakteri, termasuk juga makanan atau berinteraksi dengan pasien.

Meskipun telah melakukan pengobatan antibiotik, sebagian kecil pasien yang sembuh dari penyakit tipes ini terus menyimpan bakteri. Bahkan ia tak lagi menunjukkan gejala penyakit tersebut, kondisi inilah yang disebut dengan pembawa kronis, mereka masih mengeluarkan bakteri dalam kotorannya dan mampu menginfeksi orang lain.

Nalyka HumairahTragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Posting Komentar untuk "Penyebab Sakit Tipes Begini Proses Penularannya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *